Senin, 02 Juli 2018

Kata Bijak Albert Einstein Tentang Tuhan dan Pembahasannya

indoquotes.com Albert Einstein adalah salah satu ilmuwan paling terkenal dan populer di dunia, bahkan foto dan namanya sangat identik dengan kecerdasannya. Penemuan yang paling fenomenal dari Einstein adalah teori relativitas, dengan penemuan itu dia bisa terkenal dan dianggap sebagai orang yang sangat cerdas.

Einstein masa kecilnya dianggap sebagai orang bodoh, namun siapa yang tau bahwa sesungguhnya dia adalah orang yang sangat cerdas. Pandangan Einstein mengenai alam dan dunia fisika sudah tidak perlu diragukan lagi mempunyai nilai yang tinggi. Namun bagaimana pandangan seorang Einstein tentang Tuhan, berikut ini adalah kumpulan kata-kata Einstein tentang tuhan.

kata bijak albert einstein tuhan tidak bermain dadu
Quotes Albert Einstein - indoquotes.com

1. "Tuhan tidak bermain dadu."


Seorang Einstein yang konon katanya adalah seorang Ateis, namun banyak artikel yang mengatakan bahwa dia adalah penganut yahudi, memiliki pandangan yang sangat baik mengenai Tuhan. Dari kutipan di atas dapat dimaknai bahwa apa pun yang dilakukan tuhan sudah ada ketetapannya.

Semua ciptaan tuhan yang ada di dunia ini, bukan hanya asal dibuat, matahari bukan hanya asal beredar pada porosnya, sistem tata surya tidak terbentuk dengan sendirinya. Semua yang ada di dunia ini sudah diatur dan ditetapkan oleh Tuhan, bukan tebak-tebakan, bukan undian.

Arti "Tuhan tidak bermain dadu" jika ditelaah lebih jauh, ini merupakan pengakuan adanya tuhan, sebuah keimanan seorang manusia kepada Tuhannya. Jika diyakini dan dimaknai lebih dalam, kutipan di atas akan memantapkan seseorang kepada hambanya.

Orang dengan keyakinan bahwa "Tuhan tidak bermain dadu" akan selalu optimis dan yakin dalam menjalani hidup. Tuhan telah mengatakan bahwa Dia tidak akan memberikan ujian kepada seseorang jika ia tidak mampu menjalani ujian tersebut. Tentu saja perkataan Tuhan tersebut bukan seperti permainan dadu yang tidak tau apa hasil yang akan keluar. Ujian dari Tuhan adalah ketetapan dan kepastian bahwa ujian tersebut dapat dan mampu dijalani oleh orang yang mendapatkannya.

Pesan penting dari kutipan "Tuhan tidak bermain dadu" adalah bahwa tuhan telah menciptakan segala sesuatu dengan ketetapan dan ukuran, bukan sembarangan, bukan asal-asalan.

2. "Semua agama, kesenian dan ilmu-ilmu yang ada di dunia ini berasal dari ranting pohon yang sama."


Dalam hal ini, Einstein ingin mengatakan bahwa Tuhan itu hanya satu. Bila saat ini agam berbeda, dan bermacam-macam, ilmu yang berbeda-beda, kesenian yang berbeda, tetapi semua itu bersumber pada Tuhan yang satu.

3. "Yang benar-benar menarik bagi saya adalah apakah Tuhan punya pilihan dalam penciptaan Dunia."


Kita tahu bahwa Alam semesta ini diatur dengan ketepatan yang sangat akurat, dan pas. Gravitasi yang sesuai sehingga benda-benda langit tidak bertabrakan, bumi memiliki gaya tarik gravitasi yang pas dan tepat sehingga orang-orang dapat menginjak bumi dan tidak berterbangan di angkasa. Bulan mengelilingi bumi dengan hitungan dan jalur edar tertentu. Semua itu adalah ciptaan tuhan yang sangat dahsyat dan tidak ada satu makhluk pun yang dapat membuatnya selain Tuhan.

Berdasarkan ilmu teknologi, bahwa alam semesta terbentuk karena peristiwa "Big Bang". Dalam hal ini, mungkin saja Einstein ingin mengetahui apakah peristiwa Big Bang memang harus terjadi atau terjadi karena Tuhan.

Namun sebagai orang yang beriman, perkataan Einstein mengenai "Tuhan punya pilihan atau tidak" akan terjawab dengan mudah. Berbagai suci sudah menjelaskan bahwa apa pun yang diciptakan di dunia ini adalah kehendak Tuhan, artinya jika Tuhan ingin membuat sesuatu maka ia akan membuatnya begitu pun sebaliknya. Jadi tidak peduli ada pilihan atau tidak, semua yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Tuhan.

Semoga bermanfaat.

This Is The Oldest Page