Sabtu, 09 Februari 2019

Kata Mutiara Ir Soekarno tentang Pemuda, Kemerdekaan, Cinta dan Pemimpin

Quotes presiden pertama Indonesia

indoquotes.com - Ir. Soekarno terkenal juga dengan sebutan "Bung Karno" memiliki nama asli Koesno Sosrodihardjo. Ia lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun.

Ir. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967. Ia mempunyai peranan yang sangat penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia.  Ia adalah tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Bung Hatta yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Karakter dan jiwa kepemimpinan Ir. Soekarno menjadikan ia dikagumi banyak orang, ia memiliki hubungan dekat dengan tokoh-tokoh dunia di masanya. Karena jasa-jasanya yang sangat besar dalam mewujudkan Indonesia merdeka, sampai saat ini Ir. Soekarno masih dikenal dan kata-katanya banyak dikutip sebagai inspirasi juga motivasi. Kata-kata tersebut juga dikenal dengan quotes, kata mutiara, dan juga kata bijak seperti di bawah ini.

Kata Kata Ir soekarno Tentang Pemuda


Wahai pemuda Indonesia, tetaplah berjuang melakukan yang terbaik untuk hidup ini. Jika pada zaman Soekarno masih hidup, pemuda berjuang melawan penjajah. Tetapi di era saat ini, dimana pemuda harus melawan perkembangan zaman yang sangat pesat. Pemuda harus mempunyai semangat dan tekad yang kuat seperti kata-kata Bung Karno berikut ini:
Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.
Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya.
Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.

Kata Kata Ir Soekarno Tentang Kemerdekaan Indonesia


Bila berbicara mengenai kemerdekaan bangsa Indonesia, maka tidak akan terlepas dari Ir. Soekarno karena ia memiliki andil yang sangat besar bagi kemerdekaan Indonesia. Berikut ini adalah semangat serta pandangan Ir. Soekarno dalam mewujudkan Indonesia merdeka.
Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.
Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.
Tidak peduli rakyat bisa membaca atau tidak, tidak peduli rakyat hebat ekonominya atau tidak, tidak peduli rakyat bodoh atau pintar, asal menurut hukum internasional mempunyai syarat-syarat suatu negara merdeka, yaitu ada rakyatnya ada buminya dan ada pemerintahannya, sudahlah ia merdeka.
Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang.
Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.
Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.
Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati'!

Kata Kata Bijak Ir Soekarno Tentang Cinta

Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu daripada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.
Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara.

Kata Kata Ir Soekarno Tentang Pemimpin

Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.
Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.

Semoga dapat memberikan inspirasi dan motivasi, terimakasih.